Always Dreamming and Keep Action t

Peringatan Sebelum Mau membaca ....!
Berangkat dari semangat Otodidak maka semua hal-hal yang ada di dalam blog ini ada bersifat otodidak terkadang bener terkadang ngaco SEHINGGA kepada semua fihak yang menggunakannya diharapkan berhati-hati karena semakin banyak membaca blog ini akan semakin anda terhipnotis ke alam tidak jelas anda,

SELAMAT Tertular Infeksi Blog ini ...

Senin, 04 April 2011

Materi Dasar Manajemen Pemasaran

Buat yang ingin belajar tau tentang pemasaran boleh sedikit memahami dasarnya seperti dibawah check this out ...

FALSAFAH MANAJEMEN PEMASARAN
Ada lima konsep berdasarkan mana perusahaan dan organisasi –organisasi lainnya melakukan kegiatan pemasaran mereka.

KONSEP – KONSEP
v Konsep Produksi
v  Konsep Produk
v  Konsep penjualan
v  Konsep Pemasaran
v  Konsep Pemasaran Berwawasan sosial (kemasyarakatan)

KONSEP PRODUKSI
Konsep Produksi adalah salah satu falsafah tertua yang menuntun para penjual.
Konsep berwawasan produksi berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya.
Manajer yang berwawasaan produksi memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas 
Filosofi “ genjarkan produksi, turunkan harga” (hanry Ford 1900-an dalam industri mobil)

KONSEP PRODUK
Konsep berwawasan produk berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu,kinerja terbaik,atau hal-hal inovatif lainnya.  Manajer dalam organisasi berwawasan produk memusatkan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.Manajer manajer ini berangapan bahwa pembeli menyukai produk buatannya yang baik dan bermutu.Namun apabila manajer terlena dengan produknya tanpa melihat keadaan sesungguhnya dipasar hal ini akan merugikan perusahaan.

Konsep berwawasan menjual
Konsep berwawasan menjual berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja,konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah cukup. Organisasi harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
Konsep ini banyak dipakai untuk “barang yang tidak dicari” yaitu barang yang umumnya tidak terpikr untuk dibeli.

Konsep Pemasaran
Pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan effisien dibandingkan pesaing

o Perbedaan konsep pemasaran dan penjualan
Pemasaran – Perspektif dari luar ke dalam
Penjualan   – Perspektif dari dalam ke luar
Ch dari perusahaan yang mengadopsi konsep pemasaran
Procter dan Gamble,Disney,Wal-mart,Marriot,Nordstrom,Dell computter, dan south west airlanesSasaran dari Perusahaan diatas adalah Membangun kepuasan konsumen hingga ke tradisi / struktur dasar perusahaan.

o Arti pelanggan dalam pemasaran
Pelanggan adalah tujuan pemasaran bukan beban pemasaran karena pelanggan tidak tergantung pada kita tetapi kita yang tergantung pada pelanggan
Permintaan laten  tugas pemasar adalah mengukur pasar serta mengembangkan barang dan jasa yang tepat untuk memenuhi permintaan itu.
Permintaan menurun Tugas pemasaran adalah membalikkan permintaan menurun dengan pemasaran ulang produk.
Permintaan tidak teratur tugas pemasar disebut “synchromarketing” adalah mengubah pola permintaan dengan promosi dan insentif lain yang lebih fleksibel.
Permintaaaan penuh  tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ditengah berubahnya preferensi konsumen danpersaingan yang semakin meningkat.
Permintaan berlebihan tugas pemasaran disebut “demarketing”,perlu menemukan cara untuk mengurangi permintaan secara sementara atau permanen.
Demarketing menyeluruh bertujuan mengurangi permintaan secara menyeluruh dengan menaikan harga dan serta mengurangi promosi dan pelayanaan.
Demarketing selektif bertujuan mengurangi permintaan dari bagian pasar yang kurang menguntungkan atau kurang membutuhkan pelayanan.
Permintaan produk tidak bermanfaat tugas pemasaran adalah membuat orang yang suka produk tersebuttidak lagi memakainya. Dengan cara-cara seperti menyampaikan ketakutan ,menaikan harga dan mengurangi penyediaan.

Konsep Pemasaran Berwawasan sosial (kemasyarakatan)
Gagasan yang menyatakan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan,keinginan dan minat pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan effisien dibandingkan pesaing melalui cara-cara yang bersifat memelihara dan memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
o Munculnya konsep ini bertujuan untuk menghapuskan konsep pemasaran murni yang hanya menguntungkan produsen dan dalam konsep ini lebih mementingkan kebutuhan 3 pihak yauitu konsumen,produsen dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar